Ada cara lain yang digunakan oleh mata-mata untuk mengetahui seseorang tela menggeledah kamarnya. Penyelidik biasanya menggeledah buku secara rutin. Buku mungkin saja berisi pesan rahasia yang diletakkan di antara halaman-halamannya. Cobalah kegiatan berikut ini untuk mempelajari cara mengetahui bahwa seseorang telah menggeledah buku kalian.

 

Bahan-bahan:

–          Buku

–          Sehelai dari rambut kalian.

 

Cara Kerja:

1.      Buka buku pada halaman tertentu. Ingat halamannya.

2.      Letakkan rambut di tengah halaman sehingga salah satu unjungnya keluar dari sisi halaman buku.

3.      Tutup buku dengan hati-hati dehingga tidak mempengaruhi rambut tersebut. Letakkan buku dan tinggalkan kamar kalian. Nanti, kalian akan mengetahui apakah ada yang menggeledah bukumu.

 

Kegiatan yang Lebih Mengasyikkan:

Debu adalah benda lain yang dapat digunakan untuk mendeteksi penggeledahan. Tepuk dua penghapus kapur bersama-sama di atas meja kalian. Tepukan dua penghapus ini, akan meninggalkan lapisan debu tipis yang akan menunjukkan gangguan apapun dari seseorang yang menggeledah kamar kalian beserta isinya.

 

Penjelasan:

Sehelai rambut manusia sangatlah ringan. Bahkan hembusan nafas yang paling pelanpun dapat menyebabkan rambut itu bergerak. Siapapun yang membuka buku itu akan menggerakkan rambut tersebut. Sangatlah tidak mungkin bila seseorag yang memeriksa buku kalian akan menyadari adanya rambut itu. Kalaupun, ia benar benar menyadari adanya rambut itu, diperlukan waktu yang lama untuk mengembalikan rambut itu dengan tepat seperti semula.

Debu juga dapat mengungkapkan jika sesuatu telah disenyuh. Gangguan kecil akan terlihat dengan jelas pada permukaan berdebu. Jika permukaan berdebu disentuh, maka sangat sulit untuk meletakkan debu itu lagi. Agen rahasia menggunakan bubuk kapur yang diberi warna yang sesuai dengan permukaan mejanya, untuk mengetahui apakah sesuatu telah disentuh atau dipindahkan. Jika seorang agen lainnya yang menyelidiki  agen tersebut  mengetahui bahwa ia menggunakan metode deteksi kapur berwarna, satu satunya jalan untuk menutupi jejaknya adalah mengelap seluruh permukaan sampai bersih dan membuat lapisan kapur baru yang warnanya sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s