Seorang mata-mata memerlukan banyak cara untuk memperoleh informasi tanpa tertangkap. Mata-mata mungkin ingin mengetahui isisuratyang dialamatkan kepada orang lain tanpa diketahui oleh orang tersebut. Cobalah kegiatan berikut ini untuk membuka amplop.

 

Bahan-bahan:

–         Pensil

–         Selembar kertas

–         Amplop

–         Cerek/teko berisi air

–         Sarung tangan oven

–         Kompor

–         Arloji atau jam

–         Penjepit

 

Cara kerja:

  1. Tulislah pesan pada selembar kertas, kemudian segel di dalam amplop.
  2. Letakkan cerek/teko berisi air di atas kompor, panaskan hingga airnya mendidih. Tempatkan penutup amplop yang bersegel di depan uap yang keluar dari teko dengan hati-hati. Peganglah dengan penjepit selama 30 detik.
  3. Setelah 30 detik, pindahkan amplop dan cobalah untuk membuka penutupnya. Jika belum dapat membukanya, tempatkan kembali amplop di depan uap dan tunggu hingga 30 detik lagi. Teruskan proses ini sampai kalian dapat membuka amplop dan membaca pesannya.

 

Kegiatan yang Lebih Mengasyikkan:

Ulangi cara kerja tadi, hanya saja saat ini setelah kalian menyegel amplop, rekatkan isolasi transparan di atas penutup amplop. Cobalah untuk membukanya dengan menggunakan uap.

 

Penjelasan:

Lem pada penutup amplop terbuat dari bahan kimia larut air, berarti, dapat larut, atau menjadi cairan di dalam air. Ketika kalian menjilat penutup amplop, lemnya akan laut, membentuk cairan yang lengket. Setelah kalian menutup amplop, air akan menguap, menyebabkan lem mengeras dan menyegel penutup amplop tetap tertutup.

Ketika kalian memasak air, air berubah dari cairan menjadi gas dengan cepat. Gas ini disebut uap air. Namun, uap air akan mengembun (berubah dari gas menjadi cair) saat dingin.

Saat kalian meletakkan amplop pada uap dari teko yang mendidih, uap menyebabkan lem larut kembali dan menjadi lengket. Sehingga, kalian dapat membuka amplop dan membaca suratnya. Setelah itu, kalian dapat memasukkan kembali suratnya ke dalam amplop dan menyegelnya lagi, serta mengirimnya ke penerimanya. Tidak ada yang akan tahu bahwa amplop itu telah dibuka.

Semntara itu, isolasi transparan, menggunakan lem yang tak larut dalam air. Sehingga, sejauh ini belum ditemukan cara untuk membuka isolasi dari amplop dan menutupnya lagi tanpa meninggalkan jejak petunjuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s