Kalian adalah seorang mata-mata yang sedang melarikan diri dan agen musuh sangat dekat di belakangmu. Kalian tahu bahwa tempatmu bertemu adalah di arah utara, tapi, pada saat itu kalian sedang tidak membawa kompas. Apa yang harus kalian lakukan?

Cobalah kegiatan berikut untuk mempelajari cara menemukan arah utara tanpa menggunakan kompas.

 

Bahan-bahan:

–         Arloji analog (bukan digital)

–         Tusuk gigi

 

Cara kerja:

  1. Berdirilah di dekat yang terkena sinar matahari.
  2. Letakkan arlohi di telapak tanganmu menghadap ke atas.
  3. Pegang tusuk gigi di tengah arloji sehingga menghasilkan bayangannya.
  4. Putar arloji sehingga bayangan tusuk gigi jatuh pada jarum arloji penunjuk angka jam.
  5. Bayangkanlah sebuah garis dari tengah-tengah arloji tepat di tengah-tengah antara jarum penunjuk jam dengan angka 12. Sebagai contoh, jika jarum penunjuk jam mengarah pada angka 10, yang berarti pukul 10 tepat, maka garis yang kalian bayangkan akan berada di tengah-tengah angka 10-12, yaitu pada angka 11. Nah, angka itulah yang merupakan arah Utara.

 

Kegiatan yang Lebih Menyenangkan:

Coba pikirkan cara lain untuk menemukan jalanmu tanpa menggunakan kompas! Bagaimana caramu untuk menemukan arah utara jika pada malam hari?

 

Penjelasan:

Setiap hari, matahari berada di langit pada arah umum yang sama pada siang hari. Jika kalian tinggal di Belahan Bumi Utara (bagian Bumi antara Ekuator dan Kutub Utara), matahari akan berada di kepala, tetapi agak sedikit berapa di selatanmu pada siang hari. Bayangan yang jatuh pada arlojimu, akan menunjukkan arah yang berlawanan dengan matahari, yaitu arah utara.

Selama periode 24 jam, Bumi berotasi satu putaran penuh, sedangkan jarum arloji penunjuk jam membuat dua putaran penuh, satu putaran untuk siang hari dan satu putaran untuk malam hari. Jarum arloji menunjukkan angka 12:00 sebanyak 2 kali. Satu kali pada siang hari dan satu kali lagi pada malam hari. Kalian harus membayangkan sebuah garis antara bayangan jarum arloji penunjuk jam dan angka 12 untuk menemukan arah utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s