Suatu hari, ketika kalian sedang menjalankan sebuah operasi rahasia, kalian harus menemukan cara untuk mendaatkan sebuah kunci dari sebuah kamar yang terkunci. Tapi, kalian harus segera mengembalikannya lagi. Kalian ingin membuat tiruan kunci dengan cepat sehingga kalian dapat menjelajahi ruangan itu di lain waktu. Apa yang akan kalian lakukan? Cobalah kegiatan berikut untuk menemukan caranya.

Bahan-bahan:

–         selembar kertas karton berwarna hitam

–         4 buah batu

–         Kunci

–         Jam atau arloji

Cara kerja:

P.S. Kegiatan ini harus dilakukan di luar ruangan pada hari yang cerah.

  1. Letakkan kertas karton di daerah terbuka yang terkena sinar matahari. Letakkan batu di setiap sudut kertas sehingga tidak tertiup angin.
  2. Letakkan kunci di tengah kertas.
  3. Tinggalkan di bawah sinar matahari kurang lebih 4 jam.
  4. Ambil kunci lalu, amati kertas. Apa yang kalian lihat?

Kegiatan yang Lebih Mengasyikkan:

Cobalah untuk meninggalkan kunci di bawah sinar matahari selama lebih dari 4 jam dan kurang dari 4 jam. Cari tahu berapa lama waktu minimal yang dibutuhkan untuk membuat kunci meninggalkan cetakan. Lalu, cobalah juga untuk menjemur kunci pada hari yang kurang cerah. Apa yang terjadi?

Penjelasan:

Kertas terbuat dari serat kayu yang telah dipadatkan. Kertas karton mendapatkan warnanya dari zat warna yang berbeda-beda. Ketika kertas karton dibuat, partikel zat warna larut dalam ikatan (disatukan oleh gaya tarik) air pada serat kertas dalam sebuah reaksi kimia. Reaksi kimia adalah perubahan materi melalui proses penguraian zat untuk membentuk zat baru. Reaksi kimia yang berbeda terjadi ketika sinar matahari mengenai kertas, menyebabkan kertas memudar, atau kehilangan warnanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s