Satu sifat penting yang harus dimiliki oleh semua mata-mata adalah kemampuan mereka untuk berpikir dengan cepat, menggunakan kreatifitas dan kepandaiannya untuk mendapatkan informasi yang diperlukan atau untuk meloloskan diri dari situasi yang rumit. Cobalah kegiatan berikut untuk menguji kreativitas kalian.

Bahan-Bahan:

–          Penggantung baju dari kawat (hunger kawat)

–          Arloji atau jam

Cara Kerja:

  1. Perhatikan penggantung baju dari kawat selama 2 menit, pikirkan sebanyak mungkin gagagsan sebisamu, benda apa saja yang dapat dibentuk dari penggantung baju itu.
  2. Kalian dapat menekuk penggantung baju itu sesukalian, tetapi tidak boleh menambahkan benda lain.

Kegiatan Yang Lebih Mengasyikan:

Ulangi kegiatan tersebut, gunakan lima atau enam benda bersamaan. Missal, gunakan beberapa klip kertas, pita karet, sepotong kecil kayu, beberapa pines, segulung benang, dan beberapa kartu indeks ukuran 7,5 cm  12,5 cm untuk mengetahui benda apa yang dapat kalian buat.

Penjelasan:

Kegiatan ini dapat menunjukkan bagaimana kalian dapat menggunakan kreativitas dan imajinasi kalian sendiri untuk mengubah objek biasa menjadi objek yang lain. Jika kalian menggunakan kreativitas dan imajinasi kalian untuk memecahkan masalah, maka kalian menggunakan pemikiran kreatif. Pemikiran kreatif adalah keterampilan penting bagi mata-mata, ilmuwan, dan bahkan bagi semua orang didunia ini. Pemikiran creative adalah sebuah keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan sederhana seperti ini. Sebagai seorang agen rahasia, pemikiran seperti ini dapat membantu kalian keluar dari berbagai situasi sulit.

Sepenggal Kisah:

Giovanni Giacomo Casanova mungkin dikenang sebagai playboy terkenal. Tetapi pada tahun 1757, selama Perang Tujuh Tahun antara Inggris Raya dan Prancis, ia adalah seorang mata-mata yang bekerja untuk Prancis. Misinya adalah menginfiltrasi (menyusup untuk tujuan rahasia) armada Inggris di Dunkirk dan melaporkan kekuatannya.

Metodenya sederhana. Saat di Dunkirk, Cassanova makan di restoran tempat makan kapten armada Inggris. Ia berbincang-bincang dengan para kapten itu tentang kapal, mengaku dulu pernah menjadi Angkatan Laut, dan menghibur mereka dengan cerita-cerita romantisnya. Kurang dari seminggu, beberapa kapten telah mengundangnya makan malam di kapal dan sering memintanya untuk menginap. Dalam dua minggu, Casanova telah mempelajari semua yang harus diketahuinya tentang armada dan juga mendapat jamuan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s