Seorang mata-mata yang sedang dalam penyamaran biasanya akan memakai samaran. Cobalah kegiatan berikut ini untuk membuat samaranmu sendiri.

 

Bahan-bahan:

–          Cermin panjang

–          Rambut palsu

–          Kacamata

–          Sisir atau sikat rambut

–          Berbagai macam pakaian lama (kemeja, celana, topi, dll.)

Cara Kerja:

  1. Bercerminlah. Apa yang menjadikan penampilanmu special? Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengubah penampilanmu dengan menggunakan bahan-bahan yang kamu punya?
  2. Pakailah rambut palsu. Apakah mengubah warna atau gaya rambut mempengaruhi penampilanmu?
  3. Pakailah kacamatamu. Pengaruh apakah yang terjadi pada penampilanmu?
  4. Lepaslah rambut palsumu, kemudian gunakan sisir atau sikat rambut untuk mengubah gaya rambutmu. Jika biasanya kamu menyisir rambutmu ke depan,  sekarang sisirlah ke belakang. Ubahlah belahan rambutmu. Bagaimana perubahan ini memengaruhi penampilanmu?
  5. Berdirilah setegak dan setinggi yang kamu bisa. Kemudian, tarik bahumu ke depan, maka kamu akan tampak lebih kecil.
  6. Kenakan pakaian yang longgar, kemudian pakaian yang ketat. Apakah pakaian itu mengubah penampilanmu?
  7. Kenakan pakaian bergaris vertical, kemudian pakaian yang bergaris horizontal. Efek apakah yang ditimbulkannya?
  8. Kenakan dua lapis pakaian. Bagaimana pengaruhnya pada penampilanmu?

Kegiatan yang lebih mengasyikkan:

Undanglah teman-temanmu ke pesta penyamaran. Mintalah setiap orang untuk datang ke pesta dengan menyamar menjadi orang lain. Tamumu tidak boleh hanya menyamar dengan pakaian orang lain, tetapi juga harus bersikap seperti orang itu. Mereka juga harus meneliti latar belakang sifat mereka. Sebagai contoh, jika seorang temanmu menyamar sebagai guru matematika, dia harus tahu apa yang harus dilakukan oleh seorang guru matematika dan apa yang akan dibicarakan oleh guru matematika.

Penjelasan:

Ada banyak cara untuk mengubah penampilanmu. Pakaian berlapis dan longgar membuatmu tampak lebih berat. Garis vertical membuatmu tampak lebih tinggi, sedangkan garis horizontal membuatmu tampak lebih lebar. Rambut palsu mengubah warna dan gaya rambutmu, dan kacamata yang besar dan gelap menyembunyikan bagian wajahmu.

Ketika kamu menarik bahumu ke depan, kamu akan terlihat lebih pendek. Ini karena ketika pertama kali kita melihat orang lain, kita melihat kesan pertama orang tersebut. Kesan itu dibandingkan dengan ingatan dan pengetahuan kita. Sebagai contoh, jika kamu melihat seorang laki-laki berjalan bongkok, kamu mungkin akan berpikir laki-laki itu sudah tua karena kamu telah melihat bagaimana orang tua berjalan. Ingatan dan pikiranmu tentang bagaimana orang tua berjalan memberimu bias. Bias adalah pendapat atau pertimbangan yang mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan kenyataan. Bias mungkin menyebabkan kita sulit mengubah kesan pertama.

Sepenggal Kisah:

Lia de Beaumont mungkin telah melakukan penyamaran paling sukses dalam sejarah penyamaran. Ketika diajukan di pengadilan Rusia abad ke-18 untuk dilihat oleh ratu, Ratu Elizabeth sangat terpikat oleh Lia yang pemalu dan manis, yang kemudian diangkatnya menjadi pelayan kehormatan. Ratu tidak menyangka bahwa wanita di balik gaun panjang, riasan, dan rambut palsu itu adalah Charles-Genevieve-Louis-Auguste-Andre-Timothee d’Eon de Beaumont, seorang mata-mata pria Prancis.

Mata-mata telah menggunakan banyak samara yang berbeda-beda untuk melindungi identitasnya. Mungkin, samara yang paling polos terlihat tak berdosa diterapkan oleh Robert Baden-Powell, orang Inggris. Sebelum Perang Dunia I, dia mengadakan perjalanan di Kekaisaran Austro-Hungaria, mengaku sebagai seorang lepidopterist, ilmuwan yang mempelajari kupu-kupu. Dia menggunakan waktunya tidak hanya mencari kupu-kupu, tetapi juga mengintai dan mengamati instalasi militer. Baden-Powell tidak hanya dikenang karena pekerjaannya sebagai mata-mata, dia juga mendirikan Gerakan Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s