Agen rahasia menggunakan kode-kode rahasia dan kata kunci untuk mengidentifikasi dirinya sendiri ketika mereka sedang menyamar. Tapi, kode dan kata kunci juga digunakan oleh orang awam setiap hari. Cobalah kegiatan berikut untuk mengetahui cara penggunaan kode rahasia dan kata kunci itu.

Bahan-bahan:

–          Kertas

–          Pensil

Cara Kerja:

  1. Mintalah seorang anggota keluarga menulis tempat mereka tempat menggunakan kode rahasia atau kata kunci (buka kode rahasia dan kata kuncinya.) Sebagai contoh, mereka mungkin menggunakan kode rahasia untuk mengakses rekening banknya dari mesin ATM, atau mungkin mereka menggunakan kata kunci untuk memasuki system computer.
  2. Coba tebak koda atau kata kunci tersebut.

Penjelasan:

Sebagian besar orang memilih kode atau kata kunci yang mudah diingat. Orang sering memilih nama teman atau keluargnya, atau bahkan tim olahraga kesukaannya sebagai kata kunci. Bank biasanya meminta orang memilih kode angka yang digunakan jika ingin mengakses rekening banknya dari ATM. Biasanya orang memilih tanggal lahirnya sendiri atau tanggal lahir anggota keluarganya sebagai kode angka ini.

Memang kata-kata dan angka tersebut mudah diingat, namun juga mudah ditebak. Jika kalian memilih angka yang mudah ditebak, kalian juga harus menyertakan angka yang tidak biasa atau huruf. Sebagai contoh, jika tanggal lahir kalian adalah 17 Agustus 1945, sebaiknya jangan menggunakan angka 1781945 sebagai kode, tetapi lebih baik menggunakan 178T45. Huruf T di tengah membuat angka lebih sulit ditebak.

Sepenggal Kisah:

Penulis Graham Greene bekerja sebagai mata-mata di pesisir Afrika selama Perang Dunia II. Pekerjaannya adalah mengawasi sebuah jalur pengiriman penting, sebuah jalur di samudra yang biasanya dilalui kapal, dan melaporkan setiap kegiatan kapal selam Jerman yang dilihatnya. Ia biasa memasukkan laporannya dengan kode namanya, 59200. Namun, ia juga memasukkan beberapa laporan dengan menggunakan nama beberapa tokoh novel klasik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s