Memata-matai, disebut juga menspionasi, berarti mengamati dengan cermat dan sembunyi-sembunyi. Tugas utama seorang mata-mata adalah mengumpulkan informasi rahasia. Jika seorang mata-mata dibayar oleh organisasi mata-mata negaranya, yang disebut agen intelijen, maka mata-mata itu adalah pegawai pemerintah yang di sebut agen. Seorang agen, juga disebut agen rahasia, dapat menjadi seseorang penangkap mata-mata yang mencoba menangkap mata-mata musuh. Atau, seorang agen dapat dikirim dalah sebuah misi mata-mata untuk mengumpulkan informasi.

Jika agen intelijen mengirim seorang agen dalam sebuah misi rahasia, agen itu akan menyamar, untuk melindungi identitas dan motifnya. Seorang mata-mata yang sedang menyamar disebut dalam penyamaran. Mata-mata dalam dapat merupakan seorang mata-mata penyusup, orang yang bekerja pada organisasi musuh dalam kurun waktu yang lama sebelum mulai mengumpulkan informasi rahasia. Mata-mata dapat juga menjadi seorang agen ganda, orang yang memata-matai kedua belah pihak.

Tujuan misi mata-mata, yang disebut operasi, adalah untuk menemukan informasi. Selama operasi, seorang mata-mata mungkin perlu mendapatkan informasi rahasia tentang organisasi musuh, atau dia mungkin harus mengikuti seseorang yang dituduh memata-matai. Dalam beberapa cara, operasi mata-mata dapat seperti penelitian ilmiah. Mata-mata dalam sebuah misi melakukan banyak kegiatan yang sama dengan yang dilakukan ilmuwan ketika melakukan percobaan: mereka mengamati, membandingkan, menggunakan angka perkiraan, menginterpretasi data, dan menarik inferensi atau kesimpulan. Mata-mata juga menggunakan berbagai keterampilan dan teknik berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.

Banyak operasi mata-mata yang menggunakan alat atau perlengkapan untuk membantu mengumpulkan informasi. Mata-mata memiliki alat khusus untuk membantu mereka mengawasi mata-mata lain tanpa terlihat, dan perlengkapan untuk membantu mereka mendengarkan percakapan di ruangan lain. Mata-mata menggunakan alat penyadap – alat perekam berukuran sangat kecil yang dapat disembunyikan hampir di semua tempat dan dapat menyalurkan, atau mengirimkan, percakapan ke tempat lain berjarak ratusan meter. Mata-mata mungkin menggunakan kacamata malam untuk membantu mereka melihat dengan jelas di kegelapan malam, atau pengubah suara digital yang diletakkan di gagang mulut telepon sehingga menyamarkan suara mata-mata.

Ketika agen rahasia melakukan penyamaran, mereka masih perlu berkomunikasi dengan agen lain. Agen rahasia selalu memiliki seorang kontak untuk meneruskan atau mendapat informasi. Biasanya, operasi mata-mata dijalankan oleh seorang pengatur, seorang agen yang ditugaskan untuk mengawasi operasi.

Mata-mata mungkin dikirim dalam sebuah misi tanpa mengetahui siapa kontaknya. Mata-mata mungkin hanya mengetahui kontaknya lewat kode nama. Tekniki ilmiah digunakan untuk memastikan seorang mata-mata bertemu dengan kontak yang tepat. Mata-mta juga harus yakin bahwa pesan apa pun yang dikirim lewat kontaknya tidak akan diterima oleh agen musuh.

Agen rahasia tahu bahwa salah satu cara terbaik untuk mengirim pesan rahasia adalah dengan menggunakan kode. Kode, disebut juga sandi, adalah metode mengubah kata atau kalimat untuk menyembunyikan artinya. Kode biasanya berupa system symbol yang setiap simbolnya menggantikan hal yang lain, biasanya huruf atau kata. Simbol sebuah kode dapat berupa huruf, angka, kata, atau bahkan gambar.

Ketika kalian mengubah sebuah pesan menjadi kode, kalian mengkodekan atau menyandikan pesan itu. Ketika kamu menerjemahkan pesan yang telah dikodekan menjadi bentuk aslinya, berarti kamu memecahkan kode atau memecahkan sandi. Sebuah pesan yang ditulis dalam bentuk kode atau sandi disebut kriptogram. Sedangkan, kriptologi adalah ilmu yang mempelajari pembuatan dan pemecahan kode.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s