Narrator                       : Masa kanak-kanak adalah masa yang indah. Namun, mau tak mau, kita harus segera meninggalkannya menuju ke masa-masa lainnya yang merupakan fase yang harus kita lalui dalam kehidupan ini.

Nata & Niki                  : (berjalan memasuki panggung menuju ke tengah panggung duduk memandang ke atas.)

Narrator                       : Suatu hari, dua sahabat Nata dan Niki sedang melakukan kebiasaan rutin mereka. Mereka sedang menatap bintang-bintang yang mulai terlihat jelas setelah matahari tenggelam. Deru mobil dari kejauhan sesekali terdengar, lalu hening, digantikan oleh bunyi jangkrik yang menghinggapi malam.

Niki                              : (mendesah penuh harapan, lalu berkata pada dirinya sendiri) jatuh cinta itu…., gimana rasanya, ya?

Nata                             : (terkejut) memangnya kenapa?

Niki                              : (tersenyum lebar dan memutar tubuh kearah Nata) Kayaknya, menyenangkan banget, bisa pergi berdua kemana-mana, tukeran hadiah, ngerayain hari-hari penting bareng, seperti Kak Danny sama Kak Miriam.

Nata                             : Huh,  (mendengus dan menekankan kepala di bawah lengan dan berucap sinis) Itukan kelihatan dari luarnya aja. Kalau lagi berantem, Kak Danny kerjaannya marah-marah terus. Cemberut sepanjang hari, atau mohon-mohon sama Kak Miriam supaya dimaafin. Kak Danny bilang, selalu pihak cowok yang harus ngalah, belum lagi harus inget tanggal-tanggal yang penting, misalnya tanggal jadian, terus, mesti pusing mikirin harus beli kado apa. Bikin kesalahan dikit, ceweknya bisa ngambek berhari-hari. Jatuh cinta itu, ngerepotin, tau.

Niki                              : (tertawa) Itukan, karena Nata belum pernah jatuh cinta.

Nata                             : (memeletkan lidah) Kamu sendiri belum,kan?

Niki                              : Udah. (nyengir) Sama Kak Danny!

Nata                             : Yeeee….., (menepuk kening Niki ringan) Itu sih cinta monyet!

Niki                              : Makanya, aku kepingin tau, cinta yang sesungguhnya itu gimana rasanya….,

Nata & Niki                  : (terdiam)

Niki                              : Diantara kita berdua, siapa ya kira-kira yang bakal jatuh cinta duluan? Kamu atau aku?

Nata                             : Kamu!

Niki                              : Mungkin. Tapi, kamu atau aku, kita harus saling cerita, ya? Janji?

Nata                             : (tersenyum dan mengangkat bahu)

Niki                              : (Gemas dan menggelitiki Nata)

Nata & Niki                  : (bergulat sampai akhirnya Nata setuju untuk mengaitkan kelingkingnya dengan jari Niki)

***

Helena                          : (masuk ke panggung yang telah disediakan 3 meja dan 6 kursi di bagian samping panggung. Duduk di sebuah kursi, meja paling depan.)

Nata & Niki                  : (masuk dan duduk di kursi. Niki di kursi yang ada tepat di belakangHelenadan Nata duduk di kursi di belakang Niki)

Nata                             : (memasang earset dan mulai mendengarkan music)

Helena                          : Eh, tau gak, hari ini ada anak baru yang masuk, lho! Katanya sih, pindahan dariNew York. Blasteran bule!

Niki                              : Oh, ya?

Helena                          : denger-denger sih, anaknya Vidia Rossa!

Niki                              : Masa? Masa? (berteriak-teriak antusias)

Helena                          : Tuh anaknya baru dateng!

Helena                          : (berlari menuju keluar panggung)

Niki                              : (duduk di sebelah Nata sambil menepuk-nepuk lengan Nata) Nat, nat, anaknya Vidia Rossa!

Nata                             : (cuek) terus kenapa?

Niki                              : Urgh…., (cemberut lalu menyusulHelenakeluar panggung)

***

Niki& Nata                   : (masuk ke kelas dgn 3 meja dan 6 kursi duduk di tempat yang sama persis dengan sebelumnya)

Annalise                       : (Masuk ke kelas memandangi Nata lalu berjalan kearah meja Niki dan duduk disebelah Niki)

Niki                              : (senang) Kamu beneran anaknyaVidia Rossa,kan?

Annalise                       : (tersenyum menahan tawa lalu mengangguk)

Nata                             : (berkomentar tanpa mengubah posisi duduknya) Niki fans beratnya Vidia Rossa.

Niki                              : (mengangguk antusias) Bisa minta tanda tangannya gak yah?

Annalise                       : (tersenyum) Sekarang mama lagi tour keParis. Nanti ya kalau udah balik, aku mintain tanda tangannya buat kamu.

Niki                              : (matanya membulat kagum)

Annalise                       : Oh, iya. Aku annalise. (menjulurkan tangan)

Niki                              : Aku Nikola. Panggil aja Niki.

Nata                             : (menggeleng) hati-hati sama Niki, nanti diterkam. Dia mengoleksi segala hal yang berbau Vidia Rossa.

Niki                              : (Memukul lengan Nata lalu mencubitnya)

***

Annalise                       : (masuk kepanggung dengan sebuah meja. Annalise membuat sebuah minuman)

Danny                          : Nat! (masuk ke panggung)

Annalise                       : (terkejut dan langsung meletakkan minumannya di atas meja)

Danny                          : Kamu siapa? Nata mana?

Annalise                       : (gugup. Menunjuk kearah luar panggung lalu berlari keluar panggung)

***

Annalise                       : (masuk kedalam panggung dengan 1 meja dan 4 kursi. Nata dan Niki telah ada di tengah panggung. Niki duduk di sebuah kursi sementara Nata membaca buku sambil berdiri)

Niki                              : (melihat kearah Annalise yang duduk di sebelahnya) Kenapa kok buru-buru?

Annalise                       : (menggeleng) Nat, kamu punya kakak laki-laki, ya?

Nata                             : Iya.

Niki                              : Tadi kamu ketemu Kak Danny? Kaget ya? Kak Danny memang ganteng, sih.

***

Danny                          : (masuk kepanggung. Duduk disebelah Nata yang sedang membaca buku) Tadi, cewek bule yang datang ke sini itu siapa?

Nata                             : Annalise. Murid baru di kelas kita. Pindahan dari Amrik. Anna itu, anaknya Vidia Rossa, model terkenal yang digandrungi Niki.

Danny                          : Oh, pantesan anaknya juga kayak model. Niki pasti seneng banget. Kalian masih sekelas, kan?

Nata                             : Iya.

Danny                          : Eh, sekarang Niki cantik, ya? Pasti banyak yang naksir.

Nata                             : (terkejut dan menoleh kearah kakaknya) Kami Cuma sahabatan kok.

Danny                          : (tersenyum) Aku,kan, nggak bilang apa-apa.

Nata                             : (memerah, gugup, tidak nyaman)

Danny                          : Memangnya kalian pacaran? Atau jangan-jangan, kamu naksir sama dia?

Nata                             : (pura-pura sibuk)

Danny                          : Kalau memang suka, harus dikejar.

Nata                             : (salah tingkah dan memerah)

Danny                          : Nanti, keduluan cowok lain, lho.

Nata                             : Sudah kubilang kami Cuma sahabatan! (marah karena terpojok)

Danny                          : (tertawa) oke. Oke. (tertawa)

Nata                             : Udah ah, kak. Jangan ketawa lagi!

***

Oliver                           : (masuk ke panggung. Menunggu)

Helena                          : (masuk ke panggung berjalan mendekati Oliver) Kamu, Oliver Saputra,kan?

Oliver                           : (menoleh kea rahHelena)

Helena                          : Aku Helena, kapten tim cheers yang kemarin sabtu hadir di pertandingan. (mengululurkan tangan)

Oliver                           : (menjabat tanganHelena)

Helena                          :Adaapa datang ke sini? Mencari seseorang?

Nata,Niki,Annalise         : (masuk ke dalam panggung bersama-sama)

Oliver                           : (mencuekanHelenadan langsung berjalan mendekati Niki) Hai!

Helena                          : Urgh…., (geram lalu berjalan dengan langkah cepat keluar panggung)

Niki                              : Halo, Oliver. Kok ada disini?

Oliver                           : Aku nyari kamu.

Niki                              : (terkejut) Oh, eh, oh ya, kenalin dulu. Ini Annalise, dan ini Nata, teman-teman sekelasku.

Oliver                           : (menjabat tangan Annalise dan Nata yang kurang senang dengan Oliver)

Niki                              :Adaapa ya nyari aku?

Oliver                           : Kuantar pulang, yuk.

Niki                              : Tapi, aku pulang dengan teman-temanku.

Oliver                           : (tersenyum) Kalau begitu aku datang lagi besok. (berbalik hendak meninggalkan panggung)

Niki                              : Eh, tunggu! (berlari mengejar Oliver)

Oliver                           : (berhenti dan berbalik)

Niki                              : Nggak usah. Aku bisa pulang sendiri, kok.

Oliver                           : Kamu tahu nggak, kenapa aku datang kesini?

Niki                              : (menggeleng)

Oliver                           : Minggu lalu, kamu bilang kamu akan ngasih nomor telepon kamu kalau kita ketemu lagi.

Niki                              : Jadi, kamu datang untuk minta nomor teleponku? (memerah)

Oliver                           : Kalau boleh, aku juga mau nganter kamu pulang. Boleh,kan? Pasti sampe rumah dengan selamat, kok. Gratis es krim, lagi.

Niki                              : (tertawa) kalau aku bilang enggak, besok kamu bakal datang lagi?

Oliver                           : Seterusnya sampai kamu bilang iya.

Niki                              : (mendesah) bukan main. Masa’ aku harus pindah sekolah supaya gak dikuntit?

Oliver                           : gak usah seekstrim itu, cukup satu jam saja hari ini dan aku nggak akan ganggu kamu lagi.

Niki                              : (berpikir sejenak) Ya udah, deh. Satu jam. Tumpangan pulang, plus es krim.

Oliver                           : Sip!

Niki                              : (berbalik menemui Nata dan Annalise) Nat, Anna, aku pulang sama Oliver ya hari ini?

Nata                             : (marah) pulang sama dia? Lo gak takut diapa-apain?

Niki                              : (menatap penuh permohonan) Nata, jangan kayak nenek-nenek, deh. Cuma satu jam, kok. Terus aku langsung pulang.

Nata                             : Tapi, lo gak kenal dia!

Niki                              : Ya itu tujuannya dia dateng, mau ngajak kenalan.

Annalise                       : (menyikut Nata) Kayaknya dia bukan orang jahat kok, Nat. Niki juga pasti bisa jaga diri.

Niki                              : Iya! Aku bukan anak kecil lagi.

Nata                             : (marah. Lalu, memasang ekspresi yang tak terbaca dan akhirnya mengangguk enggan)

Niki                              : (berlari kearah Oliver dan mereka belajar keluar panggung)

Nata                             : Gue Cuma nggak percaya sama cowok itu.

Annalise                       : Aku ngerti kamu khawatir. Tapi, Nat, mungkin saja ini cinta pertamanya Niki.

Nata                             : (terhenyak lalu menggelengkan kepalanya sedikit) Ah, udah deh. Ayo pulang.

Annalise&Nata             : (berjalan keluar panggung)

***

Niki                              : Lo tau gimana rasanya jatuh cinta? Bagi orang yang sedang jatuh cinta, hari valentine itu, hari yang paling membahagiakan. Liat tuh, seluruh sekolah lagi gempar ngehias kelas and madding sama ornament hati and pita pink.

Nata                             : Kayak nggak ada kerjaan lain yang lebih bermutu aja selain nyiapin itu semua.

Niki                              : (memutar mata) itukankarena kamu nggak punya gebetan. Makanya, lebih ramah dikit dong, biar cewek-cewek nggak kabur.

***

Annalise                       : (masuk ke panggung ditengah panggung terdapat sebuah kotaksurat. Ia duduk di sebuah kursi. Ketika ia melihat Nata)

Nata                             : (masuk kedalam panggung ia memandang ke kanan dan kiri memastikan tidak ada orang di sekitarnya. Lalu, ia mengeluarkan slembar amplop biru dari kantong celananya dan memasukkan amplop itu ke dalam kotak dan segera pergi keluar panggung)

Annalise                       : (Annalise mendekati kotaksuratdi tengah panggung dan melihat kearah Nata  pergi) Apa yang baru saja Nata lakukan?

***

Nata,Niki,Annalise         : (masuk ke dalam panggung setting kelas seperti sebelumnya)

Helena                          : (masuk ke dalam panggung) Halo semuanya! Seperti kebiasaan kita dari tahun ke tahun, hari ini kita akan mengantarkan hadiah dari sang penggemar rahasia.

Helena                          : Annalise?!

Annalise                       : (beranjak ke arahHelenadan mendapatkan 5 buah amplop lalu kembali duduk di tempatnya)

Helena                          : Nata?!

Nata                             : (beranjak ke arahHelenadan mendapatkan 3 buah amplop lalu kembali duduk di tempatnya)

Helena                          : Niki?!

Niki                              : (beranjak ke arahHelenadan mendapatkan 4 buah amplop lalu kembali duduk di tempatnya)

Helena                          : Baiklah. Terima kasih atas perhatiannya! Happy Valentine’s Day!

Nata                             : (melihat kearah Niki dan melotot ketika melihat amplop biru muda miliknya)

***

Annalise                       : (masih setting dalam kelas)

Nata                             : Niki mana?

Annalise                       : Pulang duluan.Adajanji sama Oliver.

Nata                             : Lagi?

Annalise                       : Hari ini,kan, hari Valentine.

Nata                             : (mendesah lelah)

Annalise                       : Nat, menurutku, kamu harus jujur sama Niki.

Nata                             : Maksudnya?

Annalise                       : Aku liat kamu masukinsuratke dalam kotak secret admirer yang ada di perpustakaan.

Nata                             : (menegang)

Annalise                       :Suratitu, untuk Niki,kan? Aku tau kamu sayang sama Niki. Sesuatu yang lebih dari sekedar persahabatan.

Nata                             : Jadi, gue harus gimana?

Annalise                       : Bilang sama Niki yang sesungguhnya, kalau kamu sayang dia.

Nata                             : Gue dan Niki hanya sahabat nggak lebih.

Annalise                       : Is that how you really feel?

Nata                             : Gue sendiri nggak tau.

Annalise                       : Perasaan semacam ini wajar kok. You just have to fight for it.

Nata                             : Gue nggak bisa.

Annalise                       : Cinta itu nggak memiliki, Nat. Semua orang bebas merasakannya, menyimpannya. Tapi, kalau kamu terlalu takut untuk mengakuinya, selamanya kamu bisa terperangkap di dalamnya.

***

Niki                              : (berdiri di tengah panggung bersama Oliver)

Oliver                           : Niki, aku mau ngomong sesuatu yang penting.

Niki                              : (menatap Oliver)

Oliver                           : Sejak pertama kali aku melihat kamu, aku selalu ngerasa ada sesuatu mengenai kamu yang sangat istimewa…, seakan-akan kamu bersinar di antara orang-orang lain. Aku seneng bisa kenal kamu, ngobrol dan jalan bareng kamu. (mengeluarkan setangkai mawar) kamu mau nggak jadi pacar aku?

Niki                              : (tersenyum lalu mengangguk)

Oliver & Niki                : (keluar panggung)

***

Nata                             : (berjalan mondar-mandir di tengah panggung) gue harus bilang apa? Nik, gue sayang sama lo? Ah, norak banget. Nik, Nik, ada sesuatu yang mau pengen gue omongin sama lo. Gue sayang sama lo? Itu tambah parah lagi. Nik, gue cinta sama lo. Ah, kaya’ orang yang mau ngajak kawin. Aduh gue harus gimana?

Niki                              : (berlari memasuki panggung) Nataaaaa!!!!!!…..

Nata                             : Eh, nik, gue pengen bilang sesuatu sama lo. Penting!

Niki                              : Aku juga, Nat. Tau nggak, barusan Oliver minta aku jadi pacarnya and aku bilang iya! Can you believe it? Aku dan Oliver. Rasanya nggak nyangka, sesuatu yang kuimpikan sekarang jadi kenyataan. Ternyata Prince Charming memang bener-bener ada. Love at first sight betul-betul ada.

Nata                             : (tersenyum gamang) Oh, ya?

Niki                              : (tertawa kecil) kok ekspresinya datar, sih? Mestinya, kamu seneng, Nat. Sahabatmu ini, udah dewasa.

Nata                             : (memaksakan senyum) Jadi, gue harus bilang apa, nih? Selamat…?

Niki                              : (menyeringai) kamu orang pertama yang aku kasih tau. Thanks ya. Kamu memang teman yang baik walaupun kadang suka nyolot, galak dan sensi. Selamanya kamu akan jadi sahabat Niki yang terbaik, ya, kan? Oh, ya, kamu inget janji kita yang waktu itu?

Nata                             : Waktu itu gue bilang kalo lo pasti jatuh cinta lebih dulu.

Niki                              : Kamu bener, Nat. Dan ternyata jatuh cinta itu bener-bener menyenangkan. Kamu akan ngerti maksudku kalau kamu mengalaminya nanti.

Nata                             : (menatap Niki sendu)

***

Niki                              : (masuk ke dalam panggung duduk di sebuah kursi membuka sebuah surat dengan amplop biru)

Narrator                       : (suara Nata: Bulan emas tinggal separuh, Bintang-bintang sangat pemalu, Kau terduduk di sampingku, Aku lantas mencintai bayangmu, Kau menoleh untuk tersenyum, Hatiku berserakan…. lebur dan lepuh.)

***

Nata                             : (masuk ke setting kelas) Mana Niki?

Annalise                       : Sebelum masuk kelas tadi, dia udah dipanggil sama Helena. Gimana, kemarin sukses?

Nata                             : (menggeleng) Kemarin, Niki jadian sama Oliver.

Annalise                       : (terkejut) Nata, kamu…..,

Nata                             : Aku baik-baik aja kok.

***

Niki                              : Nata? Nata? (masuk ke panggung ia berjalan menuju ke sebuah meja. Di atas meja itu terdapat sebuah buku. Niki membuka buku itu dan mulai membacanya)

Narrator                       : (suara Nata) (Kelulusan SMP. Sebelas tahun kami sekelas dan duduk bersebelahan)

(gitar pertama, hadiah kelulusan)

(Rembulan, angin, hujan, dan kamu)

Niki                              : (tertawa) Masa sih yang nulis ini Nata? (membaca sambil tetap tersenyum)

Narrator                       : (suara Nata) (Hari pertama masuk SMU. Pertama kalinya gue sadar ada yang berubah di antara kita)

Niki                              : (senyumnya membeku)

Narrator                       : (Anna bilang, Niki special untuk gue. Dia benar.)

(Cowok itu, mungkin nggak kenal Niki sebaik gue kenal dia)

Niki                              : (terduduk lemas masih terus membaca)

Narrator                       : (It was sunset. 14 Februari-untuk sesuatu yang sudah terlambat)

(lo nggak tau. It’s always been you)

Nata                             : (tiba-tiba masuk ke panggung)

Niki                              : (terkejut)

Nata                             : (melihat buku di tangan Niki. Memerah dan segera menarik buku itu) ngapain berantakin barang-barang gue?

Niki                              : Yang kamu tulis itu…..,

Nata                             : (terdiam beberapa saat) yang sebenarnya.

Niki                              : (terkejut lalu menggeleng tak percaya. Berjalan keluar panggung)

Nata                             : (menarik lengan Niki) Gue sayang lo, Nik.

Narrator                       : Waktu seakan berhenti. Satu detik, dua detik. Diantara mereka, tidak ada yang bergerak sejengkal pun.

Nata                             : Gue tau ini kedengerannya konyol dan nggak masuk akal. Tapi, gue serius.

Niki                              : (diam)

Nata                             : (putus asa, sedikit mengendurkan pegangan tangannya)

Niki                              : (segera mengibaskan tangannya dan berjalan keluar panggung)

Nata                             : (terduduk lemas dengan wajah menunduk)

***

Niki&Annalise              : (berjalan masuk ke panggung. Mengobrol)

Nata                             : Nik…?!

Niki                              : (memandang Nata yang berjalan kearah mereka sembari bergerak-gerak tak nyaman)

Nata                             : Nik gue….,

Niki                              : (memotong perkataan Nata) Eh, sorry ya, Anna, Nata, aku baru inget kalau aku harus latihan cheers. Bye.

***

Nata                             : (menunggu ditengah panggung)

Niki&Helena                 : (masuk ke panggung sembari mengobrol)

Nata                             : Niki, gue mau ngomong sebentar sama lo.

Niki                              : Eh, sorry banget ya, Nat. Aku ada jadwal hang out bareng Helena.

***

Nata                             : (menunggu di tengah panggung)

Niki&Helena                 : (membawa barang-barang belanjaan)

Niki                              : (melirik Nata) Eh, Helena, ayo kita ke sana. Aku dengar, makanan di café itu enak-enak and cocok buat cewek kaya’ kita yang diet.

Helena                          : Oh, ya?

Niki                              : Hmmm…..,

Niki&Helena                 : (berjalan keluar panggung)

Nata                             : (mengedarkan pandangan dan melihat Niki&Helena) Niki!!!!

Niki&Helena                 : (tetap berjalan keluar panggung)

***

Helena&Niki                 : (kembali masuk kepanggung dengan 1 meja dan 2 tempat duduk. Mereka duduk)

Helena                          : Niki, prom nanti, lo mau pake baju apa?

Niki                              : Masih belum tau.

Helena                          : Masih belum? Prom night SMU Pelita selalu jadi acara bergengsi setiap tahunnya, lho. Gue aja udah booking limousine and reservasi make up di salon dari jauh-jauh hari.

Niki                              : Gue ada beberapa pilihan baju sih tapi, masih belum nentuin mau pake yang mana.

Helena                          : Oliver bilang MC dan band-band yang terkenal khusus diundang untuk ngeramein prom tahun ini. Temanya red carpet, seperti acara penganugerahan Oscar.

Niki                              : Oliver?

Helena                          : Oh, kemarin gue hangout bareng temen-temen di SMU Pelita. Kebetulan Oliver juga ikut. Dia nggak cerita?

Niki                              : (menggeleng lemas)

Helena                          : Gossipnya lagi, Sasha bakal hadir buat ngeramein pesta itu, sebagai alumni.

Niki                              : Sasha siapa?

Helena                          : Lo nggak kenal Sasha, ya? Sasha itu kakak kelasnya oliver, sekarang udah lulus dan kuliah di Melbourne. Denger-denger, sejak kelas satu Oliver naksir sama cewek itu.

Niki                              : Ah, masa, sih? (tertawa kecil)

Helena                          : Itu cerita sebelum dia pacaran sama lo, Nik. Dia nggak pernah sebut nama Sasha sekali pun?

Niki                              : (menggeleng) Gossip itu belum tentu benar, kan?

Helena                          : (mengangkat bahu)

***

Oliver                           : (telepon dengan suara parau) Niki?

Niki                              : (terkejut) Kamu kenapa?

Oliver                           : Sepertinya aku nggak enak badan. Kepalaku pusing banget.

Niki                              : Kamu nggak apa-apa? Udah minum obat, belum?

Oliver                           : Udah, tapi rasanya lemas. Tunggu sebentar lagi, ya? Kalau udah baikan, aku bakal segera jemput kamu.

Niki                              : Lebih baik, kamu istirahat aja deh, daripada nanti tambah parah.

Oliver                           : Tapi, kamu pasti udah siap, kan? Nggak apa-apa, kayaknya aku masih bisa tahan.

Niki                              : Nggak pergi juga nggak apa-apa, kok.

Oliver                           : Tapi, prom night kan Cuma sekali seumur hidup.

Niki                              : yang lebih penting bukan prom, tapi kamu.

Oliver                           : Maaf ya. (telepon terputus)

Niki                              :Oliver? Oliver? Lho, kok putus sih? (melihat HPnya) Aduh, malah lowbatt lagi. Emmm, (mengedarkan pandangan dan segera berlari kea rah telepon rumahnya)

Niki                              : Halo, selamat malam tante. Bisa bicara dengan Oliver? Apa? Oliver nggak ada dirumah? Kemana, tante? Oh, ya udah tante. Makasih. Selamat malam. (menutup telepon)

Niki                              : (masuk panggung) kemana sih, Oliver? Ngomongnya sakit tapi, ditelpon di rumahnya, orang tuanya bilang dia pergi. Hmmm, atau jangan-jangan……, (berlari keluar panggung)

***

Niki                              : (masuk ke dalam panggung yang ramai. Ia mencari-cari Oliver namun, tiba-tiba, ia menabrak seseorang. Ketika ia menengadah memandang orang itu, itu adalah Helena dan Oliver)

Helena                          : Hai Niki. Kok sendirian?

Niki                              : Kalian…..,

Helena                          : Gue nggak nyangka lo masih punya nyali untuk datang. Tapi, harus gue akui lebih menyenangkan ngeliat lo disini daripada membayangkan lo meratap di rumah karena Oliver meninggalkan lo.

Niki                              : Ini semua rencana kamu?

Helena                          : Ini bukan apa-apa dibanding dengan apa yang lo ambil dari gue. Gue mau lo tau rasanya kehilangan, ketika apa yang berarti bagi lo dirampas begitu saja.

Niki                              : Aku nggak ngerti.

Helena                          : Jangan pura-pura bodoh. Sejak lo gabung sama tim cheers kita, gue bagaikan nggak punya gigi. Bahkan beberapa orang sempet mempertimbangkan lo untuk jadi kandidat pengganti ketua tim…. Dan memang itu tujuan lo, kan? Semua orang suka sama lo. Temen-temen gue, guru-guru, Nata, Anna… Gue nggak ngerti apa yang menarik dari lo. Lo kan biasa aja. Tapi lo malah ngambil semua yang harusnya jadi milik gue. Sampai Oliver juga, padahal gue duluan yang kenal dia.

Niki                              : Tapi, kita kan temen….,

Helena                          : Teman, lo bilang? (tertawa sinis) di dunia ini nggak ada yang namanya teman sejati, nik. Lo yang terlalu naïf. Teman-teman Cuma ada kalau mereka butuh pertolongan kita, kalau kita punya sesuatu yang jadi alasan mereka untuk tetap tinggal. Lo inget Sasha? Cewek yang nggak bisa dilupain sama Oliver? Sasha itu sepupu gue. Oliver rela melakukan apa aja demi ketemu lagi sama dia, termasuk mutusin lo dan muncul di pesta ini sebagai pasangan gue.

Oliver                           : Nik, gue…..,

Niki                              : (menampar pipi Oliver dan berjalan ke pinggiran panggung)

Semuanya                     : (keluar panggung kecuali Niki)

Nata                             : (masuk ke panggung dengan sepeda dan membunyikan bel tepat ketika ia berhenti di depan Niki) pulang yuk?

Niki                              : Ayo.

***

Niki&Annalise              : (duduk di tengah panggung)

Nata                             : Niki? Kamu nggak apa-apa?

Niki                              : (menangis)

Nata                             : Barusan gue ketemu Oliver. Hampir aja gue tonjok dia sampai bonyok.

Niki                              : (terkejut)

Nata                             : Tapi, nggak jadi. Karena gue tau lo nggak akan mau gue berbuat kaya’ gitu.

Niki                              : (tertawa disela tangis) Aku punya sahabat kaya’ kalian tapi, aku malah menjauh. Maaf ya?

Annalise                       : Apologies accepted.

Nata                             : Setuju.

***

Annalise                       : (menemukan sebuah surat kumal didekat tempat sampah) Nat, kamu daftar ke universitas music di luar negeri?

Nata                             : (terkejut) disuruh sama guru music di sekolah.

Annalise                       : Dan kamu diterima untuk audisi kedua. Lalu kenapa surat ini mau dibuang?

Nata                             : Bukan dibuang tapi, tercecer.

Annalise                       : Kamu mau pergi?

Nata                             : Masih belum tahu.

Annalise                       : Ini kesempatan yang jarang datang, lho.

Nata                             : Aku masih belum bisa memutuskan.

Annalise                       : Karena Niki?

Nata                             : (terdiam)

Annalise                       : Pergilah, Nat. It’d be silly to waste such a big opportunity. Kalau memang ingin pergi, kenapa harus ragu?

Nata                             : Jangan bilang-bilang ke Niki dulu sebelum gue memutuskan ya, Na?

Annalise                       : (mengangguk)

***

Nata                             : (memberikan sebuah surat pada Niki)

Niki                              : Ini surat apa?

Nata                             : Surat yang menyatakan gue diterima di sekolah music, di New York.

Niki                              : Aku nggak tau kamu apply ke sekolah di luar negeri.

Nata                             : Gue apply beberapa bulan yang lalu atas rekomendasi Pak Gunawan, yang juga alumni sekolah itu. Gue nggak nyangka akan diterima, makanya gue nggak pernah bilang siapa-siapa.

Niki                              : Kamu udah mutusin untuk pergi ke sana?

Nata                             : Gue nggak tau.

Niki                              : Semua orang udah tau, ya kecuali aku?

Nata                             : (menunduk merasa bersalah)

Niki                              : (tertawa namun air matanya menucur deras) Selamat ya, Nat! Kamu memang hebat. (menepuk pundak Nata lalu berlari keluar panggung)

***

Narrator                       : Beberapa hari kemudian, Nata memutuskan pergi untuk mengejar cita-citanya. Usaha Niki dan Annalise selama ini untuk mendorongnya tidak sia-sia. Pagi hari itu, mereka telah ada di bandara.

Nata                             : Gue harus pergi.

Niki                              : (tersenyum menahan tangis) Aku akan kuat, Nat. Aku janji.

Nata                             : Kalau begitu, jangan nangis dong.

Niki                              : (mengangguk sembari menghapus air matanya)

Nata                             : Jaga diri baik-baik, ya? (mengulurkan jarinya dan mengaitkannya dengan kelingking Niki. Ia menatap lekat-lekat satu per satu orang-orang yang disayanginya lalu pergi keluar panggung)

Niki                              : Aku sayang banget sama Nata, Na.

Annalise                       : (terkejut) kenapa kamu nggak bilang sama Nata sebelum dia pergi?

Niki                              : (menggeleng) Karena hanya dengan begini, dia akan tetap pergi untuk mengejar mimpinya.

Narrator                       : (suara Nata: Bulan emas tinggal separuh, Bintang-bintang sangat pemalu, Kau terduduk di sampingku, Aku lantas mencintai bayangmu, Kau menoleh untuk tersenyum, Hatiku berserakan…. lebur dan lepuh.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s