Gue Cika. Murid SMAN 13, Tegal. Gak kok, cuma bercanda. Gue murid kelas 1 SMA 5, Jakarta. Orang tua gue, punya sahabat anaknya cowok namanya Rio. Anaknya sih, gak tau gue kayak gimana. Emang gue pikirin. Abisnya, tiap gue ketemu cowok, gak pernah gue liat. Biar gak gatel gitu.  Orang tua gue bilang kalo gue mau dijodohin sama tuh cowok. And, gue menolak dengan keras tuh acara perjodohan. Emang gue Siti? Pake dijodohjodohin?

Oh, iya. Gue lupa ngenalin ke lo semua. Siti itu, perawan tua deket rumah gue. Umurnya 35 tahun baru nikah. Itupun dijodohin sama kakek-kakek usia 60 tahun. Hiiii……, ngeri deh. Masa sama-sama tuwir kawin? Udah bau tanah pula.

Gue itu, murid teladan alias terlanjur edan. Tapi, nilai gue bagus-bagus kok. Gue gak pernah ke geser dari posisi 5 besar kecuali waktu gue kelas 5 SD. Itu semua gara-gara gue kecanduan main PS 2 game yang gue mainin waktu itu, judulnya SH. Gue lupa kepanjangannya apa itu. Mainannya itu kita disuruh ngebabat kepala orang trus, dibuat jadi bola di mainan sepak bola. Pokoknya seru abis deh.

Halah, kok jadi ngebahas game sih? Ini nih, masalah gue. Waktu gue baru masuk kelas 1 SMA, gue masuk ke sekolah yang sama kayak sekolahnya Rio. Yap, dia juga sekolah di SMA 5, Jakarta. Gak tau tuh, dia kelas 2 atau kelas 3. Peduli amat. Yang jelas, sialnya, bonyok gue mau ngejodohin gue sama dia. Ih, gak suka gue.

***

            Awalnya:

Hari rabu kliwon, di pemakaman umum jeruk purut, eits, salah, maksudnya 5 km sebelah barat pemakaman umum jeruk purut. Kalo di pemakaman jeruk purutnya, nanti gue takut ketemu sama pastor kepala bunting eh, maksudnya buntung yang di film-film itu. Di rumah Rio.

“Aduh, Cika, cantik banget. Pasti gak sabar ketemu Rio ya?” tanya nyokapnya Rio.

“Oh, memang Rionya udah sampe tante? Bukannya kelas 2 ada acara outbound ya?” emang gue ngomongnya gitu. Tapi, benernya di hati terdalam gue. “What? Gak sabar ketemu Rio? Yang bener aja. Muka buthek kaya’ gitu masa pengen ketemuan? Yang ada gue males ketemunya. Enakan juga Twitteran di rumah. Chatingan sama Fania.”

“Lho, kan acaranya udah selesai minggu lalu. Jadi, Rio udah pulang.” Waduh, udah pulang? Padahal, gue ngarepnya anak-anak kelas 2 semuanya pada keracunan makanan. Semuanya mual-mual, muntah-muntah, kena diare. Trus, waktu perjalanan pulang, busnya mogok. Waktu di cek sama sopirnya, ternyata mesinnya kebakar. Bannya empat-empatnya kempes semua. Sopirnya jadi kesel trus nendang bagian belakang bus. Eh, busnya tiba-tiba jalan sendiri di jalan menurun trus, nabrak pagernya orang, ngelindes rumah ayamnya trus, nyungsep ke sawah. Akhirnya, kepulangannya di tunda sampe tahun depan.

Jadi, gue cuma bisa bilang “Oh,” sambil senyum gak ikhlas. Ngapain juga tuh cowok pake acara pulang segala? Nyebelin!

***

            Besoknya, gue mandangin cincin warna putih di jari gue. Aduh, kok rasanya, gue tua banget sih, ya? Masa, gue yang kemarin masih single, eh, sekarang udah punya tunangan? Gue ini, benernya umur 15 atau umur 35 tahun sih?

Aha, gue punya ide. . . . . ,

Haha….., dengan begini, semuanya akan beres.

***

            “Lho, Cika, mana cincin tunanganmu?” tanya nyokap gue. Gue langsung pura-pura kaget. Sebenarnya gue juga agak lebay masa gue kagetnya pake acara kejang-kejang segala? Untung aja, nyokap gue gak curiga.

“Cika gak tau ma, Cika taunya terakhir ya, ada di sini” gue nunjuk jari gue.

Nyokap gue, hari itu, langsung marah-marah ke gue. Gue gak tau pasti apa yang dia bilang ke gue. Soalnya, waktu nyokap gue marah-marah, gue tinggal tidur. Jadinya, hari itu, nyokap gue abis marah-marah langsung nyari tuh cincin sama seluruh penghuni rumah. Sementara gue, gue, tiduuuur….,

***

            “Cika, mana cincinmu?” tanya Rio. Kok dia peduli amat sih? Gue langsung ngelirik ke jarinya dia and Masyaallah, Naudzubillahi mindzalik, dia masih pake cincin itu. Betah amat sih.

“Oh, hilang kayaknya. Gue yang ngilangin. Sengaja soalnya.” Ucap gue. Dia keliatan rada shock gitu. “Lo mau gue bantu buat ngilangin cincinnya juga? Gue ahli lho.” Gue pura-pura bodoh gitu. Gue tau kok, dia agak shock dengernya and langsung pergi gitu aja.

Asal kalian tau, cincinnya itu, gue buang waktu gue jalan-jalan di empang deket rumah gue. Tapi, buangnya pake tekhnik khusus. Pertama-tama, gue beli bakso trus gue makan tuh bakso. Tapi, gue nyisain satu pentol bakso. Waktu gak ada orang selain gue tentunya, gue ngelepas tuh cincin trus, gue masukin cincin gue ke dalem tuh pentol and gue buang di empang itu jadi, gak ada yang curiga kan. Lagi pula, gak ada tuh orang yang akan curiga sama orang yang ngebuang bakso di empang. Apalagi kalo liat baksonya itu ngambang. Eh, ngambang atau tenggelam ya? Aduh, gak tau deh. Whatever, yang penting, tuh cincin, ilang selama-lamanya.

***

            Besoknya, nyokapnya Rio dateng ke rumah gue ngasih cincin yang baru. Yah, gue ngebuang tuh cincin lagi kali ini, cincin itu gue masukin ke es krimnya adek gue trus, gue buang di selokan yang mampet and tuh es krim and cincinnya tenggelam ke dasar selokan.

Sampe sekarang, udah ke 8 kalinya nyokapnya Rio ngasih cincin baru and yah, selalu gue buang. And, waktu nyokapnya Rio ngasih cincin ke 9, dia bilang kayak gini.

“Cika, dijaga ya cincinnya. Kamu ini benernya mau tunangan atau gak sih? Kalo cincin ini sampe hilang lagi, tante akan batalin acara pertunangannya!” Yes…! Yes….! Jadi, selepas nyokapnya Rio pulang, gue langsung masukin tuh cincin ke dalem buku trus gue tinggalin di depannya mall manga dua. Sialnya, gue malah ditangkep sama satpam dikira kalo gue ninggalin bom buku di sana. Sial lagi, soalnya, gue dibawa ke kantor polisi.

***

            Dikantor polisi . . . ,

“Pak, tapi bener kok, saya itu nggak naruh bom buku di sana. Lihat aja, deh. Itu toh cuma buku biasa. Cuma buku biasa!”

“Saya tidak peduli ya, mbak. Anda, bisa menjelaskan semuanya kepada Inspektur Andi.” Gue beneran gak ngapa-ngapain kok. Kenapa tuh polisi egois banget sih? Malah nyelonong keluar lagi. Siapa tuh Inspektur Andi? Gue gak kenal. Namanya pasaran banget sih? Jangan-jangan, mukanya juga berstandar kampung internasional, alias mukanya katrooo……, puoool……,

Trus, tiba-tiba, pintu ruang interogasi kebuka. Ada orang masuk. Begitu orang itu duduk di depan gue, Allhamdullilah, gue udah ada di surga ya? Ada malaikat ganteng didepan gue. Senyum ke gue lagi. Hati gue rasanya barusan jatuh ke lantai deh. Tapi, gue cek kok gak ada apa-apa.

“Selamat sore, saya Inspektur Andi.” Kata orang itu. Masyallah. Ternyata, orang yang namanya Andi itu, mukanya bener-bener MSI alias Manusia Standar Internasional. Mukanya ganteng, bo’. Badannya tegap atletis. Suaranya, sayang banget sih orangnya jadi polisi. Coba kalo tuh orang jadi artis, pasti udah go internasional. Tapi, gue juga bersyukur soalnya, kalo dia sekarang bener-bener jadi penyanyi, pasti gak bisa ketemu gue.

Gue langsung nyengir lebar trus berdiri ngulurin tangan, ngajak KPS alias Kenalan Pake Salaman. Ah, gue beruntung banget deh. Bisa salaman sama cowok secakep ini.

“Eh.., hehehe…., saya Cika. Mas, kok ganteng banget sih? Udah punya pacar belum?” yah, mulai deh gue, kegatelan lagi, nih. Tapi, walau gue ngomong kayak gitu, tuh, polisi diem aja kayak pura-pura gak denger gitu. Wah, kok nyuekin gue sih? Jangan-jangan, nih orang udah punya istri. Aduh, nasib-nasib. Udah dijodohin sama Rio yang jelek, ditangkep polisi, sekarang nemu cowok cling-cling udah punya istri pula. Guekan juga mau jadi istrinya. Siapa sih, yang gak mau? MSI bo’. Masa yang kaya’ gini di sia-sia’in? Urgh…..,

“Saudari Cika, benar andakan yang meninggalkan buku itu di depan mall manga dua? Apa motif anda melakukan hal itu?” tanya si cowok ganteng.

“Panggil Cika aja mas. Sayakan bukan saudaranya mas. Saya ninggalin tuh buku Cuma buat ngebuang cincin kok. Kalo gak percaya, periksa aja sendiri mas. Jangan nuduh-nuduh orang sembarangan. Nanti kena azab ilahi lho, mas.” Ahahaha…., tenang aja mas ganteng, azab ilahinya enak kok. Cuma pacaran sama aku aja. Hehehe….,

Tuh mas ganteng ngebuka buku gue trus mandangin tuh cincin, matanya nyaris copot and jatuh kelantai. Trus, mas ganteng itu kedip-kedip bentar and liat tuh cincin lagi. Jiah, walaupun dianya kaget kok tetep aja ganteng, ya? Emang MSI original. Nggak imitasi yang beli di toko emperan. Tuh mas ganteng mandang gue. Ah, melting guenya.

Oh, atau jangan-jangan tuh mas-mas suka kali, ya sama gue? Argh…., mimpi apa gue semalem bisa ketemu sama orang ganteng kayak gini?

“Apa jangan-jangan cincin ini, dibeli dari hasil korupsi, ya?” tanya mas ganteng. Waduh, hasil korupsi? Wieh, emang sih, gue tau muka-muka kayak gue ini muka putri dari pejabat tinggi yang kaya tapi, bokap guekan, nggak pernah maling apapun. Pernah sih sekali itupun waktu bokap gue kelas 5 SD, bokap gue maling jemuran. Abisnya, nggak bisa disalahin juga, bokap gue waktu itu, lagi tergila-gila sama pacarnya and maling buat beliin pacarnya boneka beruang gede warna pink. So sweet gak tuh? Sayang banget bokap gue itu udah tua and dia itu bokap gue. Kalo dia cowok muda seumuran gue apalagi kayak mas ganteng di depan gue and so sweet kayak gitu, udah gue samber lah. Abis, kucing di umpanin ikan. Mana bisa nolak?

“Saya tau, mas. Muka saya ini memang muka-muka orang kaya tapi, orang tua saya bukan pejabat Negara ataupun pegawai negeri,” jawab gue sambil mandangin mas ganteng itu lekat-lekat.

“Baiklah. Kami masih menunggu kerabat anda sampai kemari untuk menjamin anda,” ujar mas ganteng trus berdiri.

Oh, no! Tuh mas ganteng mau pergi! Ini nggak boleh terjadi. Dia nggak boleh kemana-mana sebelum dia jadi pacar gue. Enak aja pergi setelah buat gue terpesona kayak gini.

“Mas gant, mau kemana?” Aduh, Cika! Lo idiot banget, sih? Mulut lo nggak pernah lo sekolahin apa? Nyerocos aja manggil mas gant? Muluuut, mulut! Lo juga sih yang salah abisnya lo nggak pernah minta sekolah. Gue juga bingung lo harus di sekolahin dimana. Emang ada ya sekolah khusus untuk mulut?

“Apa anda bicara dengan saya?” tanya mas gant. Wieh, cowok didepan gue ini, emang keren to the maximum. Bener-bener bawaan lahir kali, ya?

“Eh, maksud saya, mas Andi. Nama anda Andi, kan? Boleh nggak minta no. hpnya?” ucap gue sambil meringis lebar ear to ear. Trus, gue ngedip-ngedipin mata gue kaya’ orang yang abis kelilipan batu kerikil 7 ton. Jantung gue udah lompat-lompat gak karuan sangking tegangnya. Ngomong iya dong, mas. Ngomong iya. Cepet ngomong iya. Pliss. Ngomong iya! Jari-jari gue megang jaket gue erat-erat. Ayo cepetan ngmong iya! Supaya gue nggak tegang kaya’ gini. Cepetan ngomong iya!

“Eh, maaf ya, saya tidak bisa memberikan data pribadi seperti nomor telepon saya pada orang yang tidak saya kenal!” ucap mas gant langsung pergi.

“APA?!! KENAPA KOK TUH MAS GANT NGOMONG GITU! DASAR *!@e%^&$%^$^)$*%&#$%&#$&@*#$*@#!+*@#&!&@#*$!@)#*$%&^)(@#!@#!@$$_))$*@*&!!!!!!!!!!!!!!” sumpah serapah keluar dari mulut gue. Gue nendang meja di deket gue. And sesaat kemudian,

“ARGHHHHHHHHH! DASAR MEJA SIALAN! SAKIT TAU! NGGAK PUNYA MATA APA? DASAR! SIALAN! @#!@#!)@*#^*^T@* ^&*())((*&^^%$#@@!!!!!!!!!!!!!!!!!” teriak gue lagi sambil megangin kaki gue yang sakit nyut-nyutan and udah mulai berubah warna jadi biru keunguan alias bengkak.

***

            Entah siapa yang ngejamin gue, yang jelas gue sekarang udah ada di rumah gue yang super duper nyaman. Ranjang empuk. Oh, ranjangku, kau memang yang terbaik. Gue udah kangen banget nih ama si ranjang empuk. Padahal baru beberapa jam gue tinggal buat PDKT sama mas gant, eh… udah kangen seribu kangen. Pengen banget deh selonjoran sambil nyiumin sang bantal yang aduhai lembutnya and so pasti ngerangkul-ngerangkul si guling sambil bayangin mas gant yang ya ampuuuuuunnnn!!! Gantengnya nggak ketulungan! Duh… lengkap udah hidup gue. Makasih Tuhan, gue udah dianterin ke sebuah surganya dunia dengan seorang malaikat super ganteng bernama Andi. Duh… mas Andi… kapan bisa punya suami kayak gitu? Daripada sama si Rio buleleng itu, mending sama mas gant yang aduhai imutnya… andai suatu hari nanti mas gant harus pergi ninggalin dunia, gue bakal nggelantung di kakinya biar dia nggak jatuh cinta sama malaikat lain. Ugh… gini deh nasib gue, harus saingan sama banyak cewek demi ngerebutin seorang cowok… mas gant tersayang yang tiada duanya… gue…

“CHIKAAAAAAA|!!!!” teriak seseorang yang bener-bener udah buat jantung gue mau cepot saat itu juga. Bayangan mas gant yang dari tadi terbang ke sana sini pake sayap jadi ilang diganti nenek sihir pake sapu terbang. MAMAAAAA!!! Ganggu aja sih?!

“Apa sih ma?! Nggak tau orang lagi sibuk apa?!” gue nyahut dengan nada super kesel. Lagi enak bayangin seorang malaikat paling sempurna dunia akherat, malah diganggu!

“Kamu itu nggak tau terima kasih ya! Untung kamu diselametin sama seorang cowok baik hati yang selama ini selalu ada buat kamu. Untung dia baik banget sampe mau bela-belain keluar rumah demi belain kamu, tau nggak sih kalo sekarang dia lagi nggak enak badan?! Mana di luar udaranya panas banget! Nggak tahu terima kasih ya! Cepet kamu sekarang turun dan temui dia!”

“Tapi ma…”

“TURUUUUUUUUUNNN!!!” teriakan nyokap yang kayak gini nih yang paling bisa buat mayat sekalipun bangkit dari kuburnya. Iya iya… gue turun nih. Lagian gue kan juga nggak tau kalo penyelamat gue itu udah nunggu di bawah.

***

            Waktu udah turun nih, nggak nyangka banget! Ada cowok berperawakan mirip mas gant lagi duduk membelakangi tangga rumah gue. Dag dig dug nih jantung. Kalo sekarang ada dokter yang meriksa gue pake stetoskop, gue jamin keesokan harinya udah dirawat inap 30 tahun di dokter THT gara-gara budek permanen, saking kerasnya bunyi jantung gue. Ya Allah!!! Gue kayak mabuk kepayang sekarang! Bayangin mas gant bakal minta maaf atas omongannya yang kasar banget and ngasih nomor hpnya ke gue, ditambah lagi, dia dengan gentlenya bakal nembak gue dan minta gue jadi pendamping hidupnya seumur hidup!

Gue turunin tuh tangga pelan-pelan banget, niatnya sih pengen nyoba yang di film-film. Kayak Romeo dan Juliet itu lho. Waktu Romeonya lagi nunggu Juliet ganti gaun, dia duduk sendirian di ruang tamu. Julietnya turun pake gaun super keren and Romeonya cuma bisa melongo sambil ngomong, “Juliet…” nah, gue tiru adegan itu. Berharap mas gant bakal ngomong kayak gitu. Nggak tahunya… waktu cowok itu balik badan, gue bayangin cowok itu bilang, “Juliet…”

“Chika…”

“WAAA!!! GNOMEO!!! Ngapain lo disini?!” pupus udah harapan gue! Orang yang gue minta mas gant, yang gue bayangin mpe hamper netes air mata gue, nggak tahunya si Rio dengan wajah super standarnya yang bahkan nggak bisa ngalahin Pak Tarno si pesulap itu. Ibarat pelajaran, gue nilai mukanya nggak lulus KKM, dan nggak akan pernah lulus KKM, mpe gue meninggal nanti!

“Gue Rio, Chik, bukan Gnomeo. Emang lo kira siapa, mpe segitu kagetnya waktu ngelihat gue…?”

“Gue…” belum sempet gue ngelanjutin kalimat, si Gnomeo nggak jadi itu batuk-batuk kayak orang habis lari 10 km. kayaknya… apa yang diomongin nyokap gue bener deh. Bahwa Rio nih sampe bela-belain keluar rumah di cuaca yang segitu ekstrimnya dengan keadaan tubuh yang sedang nggak fit. Ya ampun… gue jadi ngerasa bersalah seribu kali nih… “Mmm… Rio,” karena iba nih, gue berusaha nggak bentak-bentak dia. Nggak tahu kenapa, gue jadi nggak tega habis lihat perjuangannya. Gue usahain suara gue biar jadi suaranya Celine Dion, alus banget. “Lo nggak papa kan? Perlu gue buatin teh?”

Nggak tahu kenapa nih, sesaat pas gue udah ngucapin kalimat super alus barusan, Rio melongo. Kenapa sih tuh anak? “Lo kenapa, Yo?”

“Ng… nggak. Gue… gue cuma bingung aja. Lo habis kesambet setan apaan tiba-tiba bisa jadi baik banget gini. Tau nggak sih, perbedaan lo ini malah buat gue jadi merinding…”

“Kalo gue jahat lo malah nanti harus dirawat inap di rumah sakit selama 3 minggu lho. Nggak papa deh. Buat hari ini aja, gue bakal baik ke lo. Tapi inget! Cuma buat hari ini! Nggak lebih!”

“Kalo tau gini, gue mau kok sakit setiap hari…”

“Ya udah, sakit aja tiap hari. Gue doain, moga cepet mati and ketemu Tuhan. O ya, titip pesen, bilang ke Tuhan, gue mau dijodohin sama mas gant, gitu ya!” Abis gue ngomong gitu, gue tinggal deh si Rio. Gue mau bikin teh anget buat dia.

***

            “Chik,” Rio tiba-tiba nyamperin gue yang waktu itu lagi lagi makan soto ayamnya Pak Rudi di kantin. “Mas gant itu siapa?”

“Ha??? Napa lo tiba-tiba nanyain itu ke gue?”

“Katanya lo mau titip pesen ke Tuhan. Kalo Tuhan tanya sama gue, ‘mas gant itu siapa?’ gue harus jawab apa?”

“Oh… gini, mas gant itu ya orang yang ketemu gue di kantor polisi kemarin. Lo kan katanya yang nyelametin gue di kantor polisi itu. Masa nggak tahu sih yang mana orangnya?”

“Polisi di sana kan banyak, Chik. Yang mana?”

:Haduh… yang mukanya paling go internasional itu lho!”

“Yang mana ya?”

“Duh, capek deh! Inspektur Andi itu lho!” waktu gue ngomong kayak gitu, nggak tahu kenapa, si Rio malah mendelik ke arah gue. Gue kan jadi takut. Nih anak kenapa? Ngajak tarung?! Gue pendelikin balik deh si Rio.

“Inspektur… Andi?” Rio balik nanya ke gue.

“Iya, kenapa? Lebih ganteng dari lo kan?”

“Chik, ada satu hal mengenai itu yang harus gue tegasin ke lo.” Nggak tau kenapa, waktu Rio ngomong serius gitu, jantung gue jadi dag dig dug. Kenapa sih? “Pertama, mas gant yang lo bilang go internasional itu, kakak sepupu gue.” 0,1 detik setelah Rio bilang fakta aneh pertama, gue langsung shock kayak habis dihantam 1000 pesawat tempur. Cuma satu pertanyaan gue… kenapa mukanya beda banget ya??? Kayak langit dan bumi… yang satu ancur yang satu perfect, nggak ada tandingannya.

“Yang kedua…” Rio membuyarkan lamunan gue yang tadi, “Kak Andi itu… udah menikah…”

Gue nggak tahu apa-apa. Pikiran gue kosong… gue barusan kenapa ya? “A… apa? Rio, tolong ulangi sekali. Lo bilang apa barusan?”

Rio mandang gue dengan tatapan yang seolah pengen banget meluk gue saat itu juga. Dengan tatapan kayak gitu, dia berujar sekali lagi, “mas gantmu itu udah menikah, nama istrinya Rachel.”

Nggak tahu kenapa, bom atom yang udah gue tahan sedari tadi, tiba-tiba terjatuh gitu aja. Air mata gue udah keluar kayak banjir dan nggak bisa dihentiin lagi. Gue cuma bisa nangis dan menutupi muka gue saat itu. Dan… nggak tau punya siapa, sebuah tangan besar dan hangat meluk gue seolah pengen bilang bahwa gue nggak sendirian… “Ri… Rio?”

“Lo kalo mau nangis, nangis aja. Gue bakal nutupin semuanya. Nangis aja. Pundak gue selalu terbuka buat lo.” Nggak tau kenapa, perkataan Rio barusan buat jantung gue kembali berdebar, bahkan lebih keras daripada debaran yang gue rasain waktu ngelihat mas gant pertama kali. Gue… gue ngerasa nyaman banget ada di pelukan Rio…

Gue sadar. Mas gant emang orang yang sempurna, ganteng dan baik. Tapi, meskipun gitu, sekarang, cowok yang paling baik udah berada di depan mata gue. Cowok yang nggak pernah gue duga bisa lulus KKM dengan nilai sempurna. Ya, Rio. Gue jadi tahu, apa alas an nyokap gue jodohin gue sama Rio. Rio itu… meskipun dia tau gue nggak suka sama dia, tapi dia tetep sayang sama gue dengan sepenuh hati. Mas gant emang nggak bisa gue kejar tapi sekarang… gue udah dapet gantinya kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s