Panas-panas gue keliling-keliling jalanan ibukotayang panas. Asap dimana-mana. Tiba-tiba, ada bajaj yang lewat. Sialnya lagi, tuh bajaj tanpa pakai perasaan, lewat di depan jalanan di depan gue yang berlumpur sehabis banjir kemarin. Alhasil, inilah gue sekarang. Muka kotor kaya orang gila. Baju apek kena lumpur. Ijazah gue, untung aja gue laminating. Kalo gak, apa kata dunia? Pasti udah kotor.

Gue duduk di halte bus niatnya sih nungguin bus. Tapi, malah gue jadi pusat perhatian.

“Hoy, tenang aja. Gue bukan orgil di perempatan sebelah rumah kok.” Teriak gue dengan suara serak-serak basah gimana gitu. Semua orang yang tadinya ngeliatin gue, langsung ngalihin muka.

Gak lama setelah itu, dateng cowok yang lumayan ganteng sampai bisa buat gue ayan-ayan. Cowok itu duduk di sebelah gue. Tapi, yang nyebelin itu adalah, cowok itu naruh tasnya di sebelah gue. Udah tau tempat duduk haltenya sempit. Eh, malah buat makin sempit tempat duduk pake tuh tas sialan. Sialnya lagi, gue jatuh dengan bunyi lagu Alm. Mbah Surip – Tak Gendong.

Tak gendong,

            Kemana-mana…,

Tak gendong,

            Kemana-mana…,

            Enak toh? mantep toh?

            Daripada kamu naik ojek

            Kesasar…!

            Enak toh? mantep toh……,

Eh, salah. Itu bukan suara gue jatuh tapi, suara ringtone HP gue. Gue berdiri sambil merintih ke sakitan. Gue hampir aja koid gara-gara jatuh dari tempat duduk halte itu. Liat aja. Tempat duduk halte itukan, tinggiiii banget hampir 12 meter. Eh, maksudnya, 12 senti meter.

Kemana-mana…,

Tak gendong,

            Kemana-mana…,

            Enak toh? mantep toh?

Nih HP, berisik banget sih. Gue ngangkat HP gue trus langsung jawab panggilannya.

“Halo…?” Kata gue.

“Selamat Siang, bisa bicara dengan Saudari Nia?” Orang di seberang telephone mulai berkicau persis seperti kicauan burung yang bangun kesiangan. Burungnya bangun jam 10 pagi. Setelah itu, mandi dulu 30 menit. Untuk mendukung penampilan, burungnya dandan dulu 15 menit. Trus, burungnya sarapan dulu. Sarapankan, sangat penting untuk pertumbuhan. Selepas itu semua, burung itu baru berkicau.

“Ya. Benar, saya sendiri.”

“Jika demikian, saya ingin memberi tahukan jika anda di terima bekerja di perusahaan kami.”

“Beneran nih, mbak?” Tanya gue sambil jingkrak-jingkrak gak karuan sampai-sapai, hak sepatu gue patah.

“Ya. Selamat ya. Anda sudah bisa bekerja mulai besok pagi.”

“Oh, makasih, makasih, mbak. Makasih banyak.” Ucap gue trus nutup tuh HP sambil nyium-nyium layarnya. Maklumlah, orang yang lagi seneng banget.

Gue duduk lagi di sebelah tas mas yang tadi. Duh, gue kesempitan nih.

“Eh, mas, bisa gak tasnya di taruh di bawah aja?” Tanya gue dengan nada agak sebel.

“Mbaknya ini, gimana sih? Suka-suka aku donk mau aku taruh dimana. Tas-tas aku.” Mas itu ngotot. Urgh…., minta gue bogem ya?

“Mas! Woy! Nyadar donk! Yang butuh tempat duduk itu gue. Bukan tasnya mas. Gue juga mau duduk mas. Masa tas mas yang duduk bukan saya?” Teriak gue ngotot. Sangking ngototnya gue, otot-otot di leher gue sampai kelihatan semua.

“Mbak. Gak usah teriak-teriak donk. Gue nggak budek. Lagi pula, mbak itu teriak-teriak sampe muncrat-muncrat air liurnya mbak. Emangnya saya ini selokan ya?”

“Iya. Muka mas. Persis soalnya.” Ucap gue trus kabur ke dalem bis yang lagi berhenti. Sialnya, gue baru nyadar kalo bis yang lagi gue naikin itu, jalannya ke arah bekasi. Sial banget sih gue. Ya udahlah. Gue cari tempat duduk aja.

Gue duduk di sebelah cowok yang mukanya ancur banget sampe kayak keset di rumah gue yang udah 20 tahun gak gue ganti. Bahkan, keset sama rumah gue aja, masih lebih tua keset gue itu. Warnanya yang semula putih, sekarang telah bertransformasi menjadi warna cokelat kekuning, kuningan. Ditambah lagi, bentuknya yang pada saat baru dibeli lingkaran, sekarang udah jadi nggak berbentuk. Parah bangetkan? Persist uh. Kayak muka mas-mas yang duduk di sebelah gue. Gue tebak, pekerjaan mas ini itu, tukang bersihin WC umum.

Limamenit gue duduk di sebelah mas itu, tiba-tiba terdengar sesuatu dengan bunyi soprano yang amat merdu di sertai dengan bau bangkai nan apek yang memualkan. Gue sampai hampir mati ngehirupnya. Ini sih, bukan gas karbon lagi tapi, gas hydrogen. Gue mau muntah dulu deh.

***

            Besoknya, gue berangkat ke kantor. Sampe di kantor.

“Mbak, saya Nia Panasidingin. Saya, yang kemarin ngelamar kerja disini itu, mbak.” Kata gue pake nada yang gue sopan-sopanin.

“Oh, Office Girl baru ya?”

“Waj’hat?” Gue teriak shock. Gue nelen ludah gue. “O…., O….., Office Girl?” Tanya gue gak percaya.

“Ya.”

“Lho, bukannya kemaren itu lowongan pencarian sekertaris baru ya?”

“Sekertaris baru? Bukan. Mbak salah kali.”

“Gak kok mbak. Ini beneran PT. Amisbanget,kan?”

“PT. Amisbanget. Oh, bukan, mbak. Disini itu PT. Amisanget.” Resepsionisnya kok jawabnya dengan muka gak bersalah gitu ya? Sok gak berdosa deh. “Jadi, gimana, mbak? Mbak jadi kerja disini,kan?” Tanya mbak itu.

“Jadi kerja tapi, dalam mimpi lo. Dasar. Sialan.” Gue teriak-teriak sambil keluar dari kantor itu. Yang bener aja. Gue ini, lulusan S3. Masa gue kerja jadi Office Girl? Apa kata Pak RT? Eh, maksudnya, apa kata dunia? Temen gue aja yang lulusan D3, S1, S2, bahkan S-Soda gembira aja, kerjanya minimal jadi sekertaris. Masa, gue yang udah dapet gelar Profesor aja kerjanya jadi Office Girl. Mimpi kali! Memang. Hari ini, adalah hari tersial dalam hidup gue.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s