Manfaat Menangis

Standar

1. Membantu Pengelihatan

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membrane mata yang bisa membuat pengelihatan menjadi kabur.

2. Membunuh Bakteri

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai anti bakteri alami. Didalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozon” yang dapat membunuh 90-95% bakteri-bakteri yang tertinggal dari tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam waktu 5 menit.

3. Meningkatkan Mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang juga berguna dalam meregulasi system metabolism tubuh disbanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan Racun

Seorang ahli biokimia, William Frey, telah melakukan beberapa study tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosi ternyata, mengandung racun.

5. Mengurangi Stres

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormone stress yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucineenkaphalin” dan “prolactin” selain menurunkan level stress, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun Komunitas

Biasanya, seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan Perasaan

Semua orang merasakan hal ini. Meskipun kita didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis, biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, system limbic, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s